2 Cara Whatsapp Memperoleh Revenue & 1 Inisiatif baru di Social Commerce – JioMart Case Study

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi messaging yg paling populer di dunia, grafik di bawah ini menunjukkan pertumbuhan eksponensial pengguna whatsapp di dunia.
Whatsapp Quarterly Users 2012 - 2022
salah satu negara dengan pengguna whatsapp terbanyak adalah Indonesia, berdasarkan data dari Statista, di Juni 2021, ada 84,8 juta pengguna whatsapp di Indonesia.

Number of WhatsApp users in selected countries worldwide as of June 2021(in millions)

Pengguna WhatsappMeskipun jumlah pertambahan pengguna yg sangat tinggi, Whatsapp menghadapi tantangan yg besar dari sisi monetisasi, Bagaimana Whatsapp dapat menghasilkan revenue dari user base yg sangat besar.

Saat ini ada 2 cara Whatsapp menghasilkan revenue:
1 Whatsapp business API
User dapat menggunakan Whatsapp tanpa biaya, namun Bisnis akan dikenakan biaya jika menggunakan Whatsapp Business API Service, Brand dapat mengirimkan pesan promosi atau triggered message kepada konsumennya melalui Whatsapp. Percakapan Platform Whatsapp Business API akan dikategorkan dalam 2 kategori yaitu User Initiated & Brand Initiated. Pada dasarnya, siapa yg pertama kali memulai percakapan, apakah dari User atau dari Brand. Semua biaya akan ditanggung oleh Brand.
2 Whatsapp Pay
Whatsapp Pay adalah fitur dari Whatsapp yg memampukan User untuk mengirimkan uang kepada contact list mereka. User akan menyambungkan Nomor Rekening mereka untuk menampung uang yg diterima atau dikirimkan. User tidak dikenakan biaya atau potongan saat mengirimkan uang ke sesama user, namun Whatsapp akan mengenakan potongan jika user melakukan transfer ke Business Account (Saat ini Whatsapp Pay hanya ada di India & Brazil)
Selain 2 cara di atas, baru-baru ini, Whatsapp di India mencoba melakukan inisiatif baru yg berkaitan dengan Social Commerce. Whatsapp di India menggandeng Jiomart sebagai partner untuk menggabungkan pengalaman social messaging dengan Ecommerce.
Bagaimana cara kerjanya?
  1. User dapat mengetik “Hi” dan mengirimkan pesan kepada Nomor Whatsapp Jiomart
  2. Selanjutnya User dapat mencari product yg diinginkan di product catalog yg tersedia di Jiomart
  3. User menempatkan produk yg diinginkan di keranjang belanja
  4. Konfirmasi alamat pengiriman
  5. User dapat melakukan pembayaran di dalam Whatsapp menggunakan UPI
Detil artikel dari inisiatif ini dapat dilihat di sini
Inisiatif ini sangat menarik, apakah fitur Whatsapp ini akan segera masuk ke Indonesia?
Bayangkan User Whatsapp di Indonesia dapat browsing produk grocery dari Ecommerce besar di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dll, secara langsung di whatsapp dan bahkan menyelesaikan payment di Whatsapp juga.
Mari kita tunggu perkembangannya ke depan