Dahulu ada batasan yang sangat jelas antara perusahaan media dan perusahaan non media namun sekarang batasan itu telah memudar. Kemajuan teknologi seperti website, blog, video dan social media, membuat brand dapat memiliki Own Media sendiri. Brand menggunakan Own Media mereka untuk memberikan informasi dan berinteraksi dengan customer mereka. Own Media membutuhkan content untuk disampaikan kepada customer. Hasilnya, brand bertransformasi menjadi media company.

“We Are All Media Companies Now”

Brand sebagai media company akan menggunakan content untuk membangun brand, meningkatkan awareness & trust, mendorong purchase intent, menciptakan word of mouth dan meningkatkan engagement dengan target audience mereka. Hal ini akan mendorong digital marketer menaruh perhatian lebih terhadap content marketing.




Content marketing is a marketing technique of creating and distributing relevant and valuable content to attract, acquire, and engage a clearly defined and understood target audience – with the objective of driving profitable customer action – Content Marketing Institute.

Di tahun 2012, salah satu content marketing yang paling berhasil adalah Red Bull Stratos Project. Red Bull memiliki misi untuk memecahkan rekor dunia Free Fall. Felix Baumgartner akan terjun dari ketinggian 128,100 feet, jatuh bebas sehingga melebihi kecepatan supersonic (1,342.8 km/jam) sebelum membuka parasut dan mendarat dengan selamat di bumi.

Peristiwa ini menyedot perhatian sangat banyak orang. Saat misi ini dilaksanakan, ada 8 juta online viewer yang melihat secara langsung/streaming.  Lebih dari 40 Stasiun TV menyiarkan kejadian ini, dan lebih dari 100 portal berita yang menulis mengenai Red Bull Stratos. Video ini sudah dilihat lebih dari 32 juta kali di Youtube. Foto pendaratan Felix Baumgartner yang di post di Facebook Page Red Bull Stratos menerima lebih dari 21.000 comment, 51.000 share, dan 489.000 like. Di Twitter, Felix Baumgartner dan Redbull mendominasi Trending Topic Twitter pada tanggal 14 Oktober 2012. Dampak dari peristiwa ini sungguh besar. Majalah Forbes memperkirakan bahwa global eksposure yang diterima Red Bull setara dengan puluhan juta dollar Amerika.

Keberhasilan Red Bull memperoleh eksposure yang besar sangat ditunjang dengan komitmen mereka terhadap content marketing. Red Bull sangat fokus untuk membuat Great Content. Red Bull berani melakukan investasi yang besar bahkan memiliki media house khusus content.

Content marketing yang berhasil selalu memerlukan “Great Content” sebagai inti.

Keberhasilan Red Bull dalam menjalankan content marketing, telah membuka mata para digital marketer. Content marketing segera menjadi prioritas utama oleh para digital marketer di 2013. Hasil Riset dari Econsultancy menyatakan bahwa 3 prioritas digital marketer dunia di 2013 adalah content marketing, conversion rate optimization dan social media engagement.

Data Riset Frontier Consulting Group menyatakan bahwa kelompok Creator/content maker hanya 8,5% dan sisanya adalah pengkonsumsi content di internet. Fakta ini menunjukkan bahwa kesempatan brand untuk masuk melalui content marketing sangat terbuka. Persaingan untuk membuat Great Content masih belum seberat di negara-negara maju.

Saat content marketing menjadi prioritas utama, digital marketer harus menentukan siapa sebenarnya target audience, bagaimana behavior mereka dalam melakukan pembelian kemudian apa masalah terbesar yang mereka hadapi, bagaimana cara mereka mencari solusi atas pemasalahan tersebut.

Setelah mengetahui semua hal di atas, digital marketer dapat membuat content yang menarik, engaging dan relevan di setiap fase buying cycle, apakah content ini digunakan untuk awareness produk, riset mengenai solusi yang ditawarkan, meningkatkan purchase intent atau sales. Jenis content yang bisa diproduksi adalah blog post, picture, infographic, video, report/e-book, slideshare, dll.

Tujuan dari content yang dibuat adalah memberikan nilai tambah kepada customer. Customer tidak mau dipaksa untuk membeli, apa yang mereka inginkan adalah content yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Bagaimana digital marketer Indonesia bersiap menghadapi Tren Baru Digital Marketing di 2013, yaitu content marketing. Strategi content marketing apa yang dipersiapkan di 2013? Segera persiapkan strategi content marketing brand anda sebelum tertinggal dari persaingan.




 [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]